Leave a comment

Coaching Safety Riding

Coaching Safety Riding

24/6/2012 | 17:00 Bertempat di TUNAS Jaya Magelang Km. 5,5 Coaching Safety Riding with dr. Tedjo Rukmoyo Sp.BO. Beliau sudah berpengalaman menjadi Road Capten MOGE 1000cc , Harley, Club Ninja 250 Jogja. sudah berpengalaman di dunia balap nasional, beluai mengikuti event balap kelas 1000cc di sentul, Bogor. Dalam satu tahun bisa enam kali membalap di Sentul. Tidak salah ketua CBR250 YogyakartaΒ  memilih Beliau untuk memberikan pelatihan.
Acara ini untuk meningkatkan Skill Seluruh Anggota CBR250 Yogyakarta agar lebih piawai dalam menunggangi motornya dan memberikan pemahaman tentang touring. dr. Tedjo memberikan banyak sekali ilmu yang kita tidak tahu sebelumnya, dari cara menyalip yang benar, cara menikung dengan benar, cara touring dengan benar, cara pengereman, cara menghindari bahaya dalam touring.

A. Cara Menyalip
dr. sutedjo memberikan arahan cara menyalip dalam kondisi saat kita touring yang aman. “qta tidak memikirkan keselamatan diri sendiri saja, tetapi harus menjaga keselamatan teman kita saat touring”. harus di perhatikan jika kita dalam rombongan, posisi menyalip Mobil posisi motor 1 biasa deket mepet ke mobil, nah sedangkan posisi Motor2 harus lebih luar dari motor1 dengan jarak sekitar 1m / 2m. Seterusnya u/ motor lain mengikuti ZIG-ZAG seperti itu.

Jika dalam kondisi ada Mobil yang dari jauh itu kecepatannya tidak mau turun, motor2 atau motor yang paling luar wajib memposisikan dirinya lebih kanan lagi. itu untuk menyelamatkan teman kita di depannya supaya mobil di depan mau mengurangi kecepatannya.

B. Cara Pengereman
dr. sutedjo memberikan arahan cara menyalip dalam kondisi menikung, jangan banyak menggunakan rem Belakang. Sebelum menghadapi Tikungan

  • Turunkan Gigi terlebih dahulu (Engine Break), Kupling jangan dulu di lepas
  • lakukan Pengereman dengan rem depan jika dirasa kecepatan belum turun

C. Cara Menikung
sama seperti di atas kondisinya, di tambahkan point tambahan :

  • setelah melakukan Engine Break dan sedikit pengreman rem depan, lakukan pelepasan kupling secara pelan2 yang sesuai dengan GAS yang kita atur
  • Posisi Duduk, pantat harus benar2 di tekan
  • posisi kaki dalam harus jinjit, karena tumpuan kita harus berkonsentrasi di pantat kita
  • Posisi kaki luar biasa saja, tetapi posisi paha menekan di dalam Tanky
  • Posisi tangan bagian dalam, sedikit menekan kedalam
  • Atur gas dan Kupling
  • melakukan pengereman dengan ban Belakang sangat berbahaya terhadap pengendara karena akan terlempar ke luar, lebih Safety menggunakan rem depan

D. Touring

u/ aturan touring saya kira teman2 Bikers sudah tau,πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚ :)Β  umumnya sama saja koq, . .πŸ™‚πŸ™‚

Mohon di koreksi jika ada salah penafsiran dari saya u/ teman2 CBR250 Yogyakarta.Β  Terima kasih kepada dr. Tedjo Rukmoyo Sp.BO atas SHARING ilmunya, semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua.πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

Regards
M-CBR250 YOGYAKARTA
Club CBR250 Yogyakarta

Gallery :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: